Sahabat Ilmu

Khamis, 2 Ogos 2012

BURMA - Pembantaian di Desa Rathidaung

"Terletak di timur tepi sungai Mayu di kota Rathidaung, memiliki 1000 rumah. Sebelum membakar desa ini pada 19 Jun, etnik Rakhine dari desa berdekatan telah mengancam warga desa Rohingnya akan memindahkan mereka dari desa ini. Tetapi, warga desa Rohingya memutuskan untuk melindungi desa mereka hingga mati," kata tetua itu kepada Kaladan Press.

"Namun, pada 9 Jun, sekelompok Magh (orang Rakhine) dengan senjata menyerang desa tersebut pada malam hari. Ada pertempuran antara warga desa Rohingya dan Magh, 10 orang Magh terbunuh 9 warga Rohingya juga terkorban. Akibatnya, lebih dari 1.180 warga desa Rohingya melarikan diri ke tempat lain, sebahagian besar yang rumahnya dibakar habis."

Kemudian, berdasarkan laporan seorang warga desa kepada Kaladan Press, sekelompok tentera dan polis bersama orang Magh lainnya datang ke tempat kejadian dan turut membakar desa dengan bantuan pasukan 'keamanan'. Sekitar 40 rumah dari 1000 rumah ludes terbakar.

Warga desa tersebut menambahkan bahawa warga Rakhine bersama pasukan 'keamanan', menjarah barang-barang berharga dan binatang ternak milik warga Rohingya. Ironisnya, ada Muslimah di desa tersebut juga diperkosa oleh mereka. Warga desa Rakhine juga menghancurkan kitab suci Al-Qur'an dan Masjid-masjid.

Selain itu, menurut warga desa tersebut, pada (17/7), tentera musyrik Buddha menembak mati 14 warga desa Rohingya di desa Donsay Para di kota Rathidaung ketika sedang berjaga-jaga untuk keamanan desa mereka pada malam hari dari serangan orang-orang etnik Buddha Rakhine.
sumber

Tiada ulasan: